Hologram 3D hadir dalam hidup kita. Hologram 3D adalah objek yang sebenarnya tidak “ada”, tetapi terlihat seperti melayang di udara atau berdiri di permukaan terdekat. “Augmented reality” (AR) ini adalah revolusi yang sedang dalam perjalanan.

Microsoft memiliki headset HoloLens, Apple menggunakan ARKit, dan Google menghadirkan hologram dalam ARCore. Teknologi ini memenuhi pasar teknologi, dan mega-korporasi TI berlomba untuk mendominasi pasar AR.

Tampilan hologram 3D adalah langkah berikutnya dalam konten digital yang lebih kompatibel dengan manusia. Aplikasi untuk teknologi baru tidak terbatas.

Sebuah hologram yang diproyeksikan dalam sebuah ruangan dapat menunjukkan sebuah mobil konsep 3D, seolah-olah benar-benar ada di sana. Presentasi 3D untuk rapat dan konferensi akan memukau audiens. Dan bagaimana dengan telepresence holografik? Ya, hologram Anda diproyeksikan ke ruang pertemuan yang jauhnya ribuan mil!

Hologram memiliki potensi untuk meningkatkan pelatihan, desain, dan visualisasi secara dramatis di banyak pengaturan bisnis dan fasilitas produksi. Mampu “melihat, memperbesar dan memanipulasi versi 3D dari desain yang sedang diproses secara radikal meningkatkan proses desain.”

Bahkan departemen pemasaran dapat menggetarkan pelanggan dengan hologram melalui kampanye pemasaran berdasarkan pengalaman dan interaksi hologram 3D.

Satu produk yang sedang dikembangkan disebut DeepFrame. Teknologi holografik ini memungkinkan aplikasi seperti fiksi ilmiah, seperti telepresence 3D. Biayanya mahal di $ 50.000, tetapi seiring dengan meningkatnya penggunaan pengalaman pemasaran dan telepresence, persaingan akan tumbuh dan biaya akan berkurang.

Ada juga pengembang seperti  yang sedang mengerjakan produk tampilan masadepan disebut HoloBetting yang saat ini tersedia seharga $ 750 (tergantung PC) atau versi $ 3.000 (PC bawaan).

HoloPlayer menampilkan hologram 3D pada selembar kaca, jadi Anda tidak memerlukan kacamata khusus untuk melihatnya. Seperti yang dicatat Mike Elgan, perangkat tersebut menciptakan “… objek hologram 3D yang dapat dimanipulasi menggunakan isyarat di udara. Saat Anda melihat lurus ke depan, Anda melihat bagian depan gambar. Miringkan kepala Anda ke samping, dan Anda akan melihat sisi gambar. Ini dapat dimanipulasi dengan gerakan tangan alami – mengulurkan tangan, berpura-pura meraih dan memutar akan memutar objek 3D. Isyarat menggesek di udara juga berfungsi seperti yang diharapkan, membawa Anda ke gambar berikutnya dalam sebuah rangkaian. “

Citra holografik juga akan segera hadir di kaca depan di mana-mana. Contoh saat ini, yang ditunjukkan di CES oleh sebuah perusahaan bernama WayRay, adalah Navion.

Proyektor yang dipasang di dasbor ini menghasilkan hamparan data navigasi dan arah belokan demi belokan di jalan itu sendiri. Navion juga mengidentifikasi bahaya, seperti pejalan kaki, dan menyorotnya di kaca depan. Navion dapat dikontrol dengan gerakan tangan di udara atau perintah suara.

Yang paling ditunggu oleh kebanyakan teknofil adalah tampilan hologram 3D untuk ponsel cerdas yang memproyeksikan hologram di atas atau di atas permukaan layar. Samsung dan LG telah mengembangkan teknologi ini selama beberapa tahun, tetapi mereka merasa dukungan hologram 3D untuk smartphone masih jauh dari beberapa dekade.

Hologram di Masa Depan

Hologram di Masa Depan

Masyarakat umum terpesona oleh hologram. Bagaimanapun, hologram adalah bisnis utama. Disarankan bahwa pada tahun 2020 pasar hologram tampilan asli akan bernilai $ 5,5 miliar. Berikut adalah beberapa cara luar biasa hologram saat ini digunakan.

Pemetaan Militer

Kecerdasan geografis sangat penting untuk strategi militer. Gambar holografik berdimensi penuh digunakan untuk pengintaian yang lebih baik. Peta holografik 3D dari “ruang pertempuran” ini memungkinkan tentara untuk melihat medan tiga dimensi, melihat-lihat sudut “sekeliling”, dan berlatih untuk misi.

Perusahaan mengambil data gambar terkomputerisasi dan mengubahnya menjadi lembaran holografik. “Pengguna tidak hanya dapat” melihat “gambar 3D berkualitas tinggi dari medan yang disimpan dalam lembaran hologram, tetapi teknologinya mudah digunakan dan dapat digulung untuk memudahkan penyimpanan dan transportasi.” Peta juga berguna dalam skenario evakuasi bencana dan penyelamatan militer.

Penyimpanan Informasi

Masyarakat menghasilkan jumlah data yang tak terhitung setiap hari. Kapasitas penyimpanan digital meningkat setiap tahun. Komputer pribadi kami menyimpan ratusan gigabyte informasi, termasuk foto, video, dan dokumen keluarga. Sekarang pikirkan tentang disk penyimpanan yang rusak. Kerugiannya tidak terbayangkan.

Meskipun hologram menciptakan citra yang menarik, hologram tidak hanya harus merekam dan menampilkan objek visual. Hologram mampu merekam data murni – bergunung-gunung. Hologram memiliki potensi untuk menyimpan sejumlah informasi yang tidak masuk akal. Sistem prototipe saat ini menyimpan 4,4 juta halaman informasi individual pada DVD seperti disk. Mereka juga menawarkan bentuk unik keamanan jangka panjang.

“Jika Anda membuat hologram optik dari sebuah halaman informasi dan kemudian menghancurkannya, misalnya, Anda dapat menyusunnya kembali dari bagian mana pun. Ini membuat penyimpanan data holografik sangat andal. Tidak seperti CD dan DVD, yang menyimpan datanya di permukaan disk, hologram menyimpan data dalam tiga dimensi dan halaman tersebut dapat tumpang tindih di ruang penyimpanan. “

Medis

Holografi sedang dalam perjalanan untuk merevolusi pengobatan. Ini bisa menjadi alat untuk memvisualisasikan data pasien dalam melatih siswa dan ahli bedah.

Sistem saat ini seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan pemindaian ultrasound menghasilkan data yang kompleks menggunakan teknologi pencitraan canggih. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan hologram 3D penuh warna yang dihasilkan komputer.

Menggunakan gambar 3D ini untuk latihan dan tampilan, hologram tidak memerlukan perangkat atau kacamata untuk melihat. Mahasiswa dan dokter dapat dengan mudah “melihat”, tanpa hambatan, pada gambar tiga dimensi. Gambar-gambar ini dapat mencakup organ dan sistem tubuh sangat kompleks, seperti otak, jantung, hati, paru-paru, saraf, dan otot.

Penipuan dan Keamanan

Karena Hologram rumit dan sulit dibuat, ini keuntungan luar biasa dalam komersial.

Jika Anda memiliki kartu kredit, Anda memiliki hologram. “Persegi panjang perak kecil dari burung merpati di kartu kredit Anda adalah hologram transmisi bercahaya putih dengan punggung cermin. Ini menampilkan gambar tiga dimensi yang terlihat saat Anda bergerak dari sisi ke sisi, dan berubah warna saat Anda memiringkan kartu ke atas dan ke bawah. “Hologram ini sangat sulit untuk dipalsukan.

Uang kertas juga mulai memasukkan hologram aman. Di Inggris Raya, uang kertas £ 5 terbaru memiliki gambar Big Ben dan menggunakan holografi untuk menghasilkan warna yang berubah saat Anda memiringkan uang tersebut. Ada juga gambar mahkota penobatan 3D yang “mengambang” di atas tidak saat dimiringkan.

Seni

Seniman mulai bereksperimen dengan holografi begitu menjadi proses praktis. Ada seniman di seluruh dunia yang menggunakan hologram tiga dimensi untuk membengkokkan dan memotong ruang, menggabungkan koleksi gambar diam atau video untuk menghasilkan karya 3D animasi, dan untuk memahat cahaya murni.

Baru-baru ini, sebuah pameran di pusat kota London menghadirkan pertunjukan holografi kreatif. Kelompok seniman internasional yang dipilih berkontribusi pada pameran di Pulau Governors, New York, dan seniman dari Kanada, Italia, AS, dan Inggris dipilih untuk pameran menggunakan holografi dan seni media di Santa Fe, New Mexico musim panas ini.

Kesimpulan

Hologram dulunya adalah barang fiksi ilmiah yang “datang ke teater di dekat Anda”. Namun, penggunaan praktis dari teknologi holografik telah melebihi industri film dan menjadi fitur yang lumrah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kami hanya melihat awal dari penggunaan hologram dan sebagai inovator dan pengembang yang terus meningkatkan teknologi, hologram akan menjadi bagian masyarakat yang lebih besar.